www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Wednesday, November 25, 2020

Sentimen Pasar terkait Vaksin

Harga emas internasional semalam mengalami penurunan signifikan menyentuh level $1.800 / ounce. Pemicunya adalah berita vaksin covid 19 telah berhasil ditemukan. Hal ini memberi kepastian kepada warga dunia di tengah ketidakpastian berbulan-bulan bila pandemi akan mereda. Sehingga investor beralih kembali kepada investasi saham dan surat berharga seraya meninggalkan atau menjual aset berbasis emas. Aksi jual emas inilah yang semalam memberi tekanan terhadap harga emas.

Namun faktor-faktor yang membuat harga emas dalam trend naik (bullish market) masih cukup kuat seperti tertekannya harga Dollar (yang tercermin dalam Dollar index), tingginya supplay Dollar akibat stimulus ekonomi, perang dagang dan potensi konflik militer AS-Cina masih menjadi faktor pemicu kenaikan harga emas dalam jangka panjang.

Dalam beberapa hari ke depan harga emas masih bisa tertekan, karena investor internasional melihat pandemi akan segera berakhir dan memberi kepastian ekonomi. Namun dalam jangka menengah dan panjang harga emas akan mengalami trend kenaikan.


No comments: