www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Friday, September 25, 2020

Gold Mine Production

Walaupun harga emas mengalami puncak sejak pandemi Maret 2020, namun produksi emas dunia cenderung statis bahkan turun. Produksi emas tahun 2020 mengalami penurunan pertama sejak 2008.



Total cadangan emas yang sudah berhasil di tambang ada sekitar 190.000 ton. Dari jumlah tersebut sekitar 20% masih ada di bawah permukaan bumi, dalam proses penambangan.

Cadangan emas terbesar dunia saat ini ada di Witwatersrand, Basin Afrika Selatan, dengan perkiraan cadangan 30% dari total cadangan emas di permukaan bumi. Tambang besar lainnya adalah deep-mine Mponeng Afrika Selatan, Newmont Boddington Australia, Grasberg Freeport Papua Indonesia, Nevada Mine Amerika Serikat.

Berikut adalah 10 tambang terbesar dunia
versi World Gold Council :

 
Walaupun masih sulit menghitung cadangan emas di permukaan bumi, namun planet ini bukan tempat satu-satunya. Bulan ternyata  juga menyimpan cadangan emas, namun tidak ekonomis untuk mengeksplorasinya. 


Antartika juga menyimpan cadangan emas yang besar, namun juga terkendala dengan cuaca ekstrem sehingga membutuhkan biaya produksi yang besar. Demikian pula cadangan emas kaya di dasar samudra, namun alasannya sama, tidak ekonomis.

Sumber : bbc.com

No comments: