www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Wednesday, October 28, 2020

New Gold Standard : Revolusi Chaos atau Jalan Damai

 Sebelum tahun 1914 sistem moneter global berbasis pada Gold Standard klasik, namun dalam satu abad terakhir sistem moneter berubah rata-rata setiap 30 hingga 40 tahun terakhir.

Dalam 31 tahun sejak sistem Gold Standard berakhir, pada tahun 1945, sistem moneter baru muncul di Bretton Woods. Dollar didesain sebagai  World Reserve Currency (mata uang utama dunia)- status yang hingga saat ini tetap berlaku.

Di bawah sistem itu, Dollar dipatok dengan nilai $35 per ounce emas. Tetapi 25 tahun kemudian, pada tahun 1971 Presiden Nixon mengakhiri convertibility secara langsung dari Dollar ke emas.Untuk pertama kali sistem moneter tidak mengandung emas sama sekali.

Hari ini sistem moneter tsb telah berumur hampir 50 tahun, dunia terlambat untuk sistem moneter yang baru. Emas seharusnya sekali lagi memerankan perannya dalam sistem moneter karena bisa jadi emas adalah satu-satunya jangkar bagi sistem moneter internasional dalam masa-masa sulit ini. Namun harga  emas bisa menjadi lebih dan lebih tinggi lagi.

Prospek Gold Standard yang baru akan semakin kuat sejak virus corona dan kekacauan moneter melanda.Karena mata uang di seluruh dunia dalam kondisi rentan seiring resesi di berbagai negara. Apabila kondisi ekonomi di AS dan Eropa semakin parah akan memicu krisis ekonomi yang dalam di belahan dunia lain. Maka saat itulah sistem moneter yang baru membutuhkan pemeran utama yang baru. Dan kandidat utamanya adalah emas.


 


No comments: