www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Thursday, February 21, 2013

Bankir Bank Sentral : Gold Reserve Management

Para bankir bank sentral akan diberi pelajaran bagaimana mengelola emas dalam seminar 3 hari dengan tema  "gold reserves management" yang akan digelar pada bulan Maret di the University of California at Berkeley yang disponsori  World Gold Council.

Tampaknya"gold reserves management" modern akan melibatkan banyak pihak, tetapi setidaknya salah satu narasumber dalam seminar ini tahu persis bagaimana bank sentral bekerja dalam pasar emas, dia adalah Kenneth Sullivan, ahli keuangan senior di IMF, sebuah organisasi yang mana pada tahun 1999 dalam sebuah laporan rahasia seorang staff menemukan bahwa bank sentral negara-negara barat  menyembunyikan pinjaman emas mereka dan melakukan praktek  swap untuk memfasilitasi intervensi pasar secara diam-diam.

Sullivan, menurut iklan seminar itu , adalah  IMF's representative di  the International Financial Reporting Standards Advisory Council dan direktur kelompok studi  akuntan bank sentral  yang mengangkat isu transparansi dalam laporan keuangan bank sentral.

Seminar itu sendiri sepertinya tidak akan membahas tuntas masalah transparansi di pasar emas. Undangan seminar itu sendiri dibatasi untuk "bankir senior bank sentral-- gubernur, deputi dan asisten deputi gubernur, kepala management devisa, ekonom, dan manajer portofolio, dan staf kementrian keuangan dan para manejernya."
http://www.gata.org/files/UCBerkeley-WGCSeminar-2013.pdf

No comments: