www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Thursday, October 22, 2015

Bank Sentral Austria Inginkan Kembali Emasnya

Hasil gambar untuk bank central austria

Saat ini ada makin  banyak saja bank Eropa yang sadar bahwa lebih baik menyimpan sendiri cadangan emas mereka dibanding dititip di bank sentral luar negeri. Salah satunya Austria, negara ini secara bertahap ingin menarik kembali emas mereka yang selama ini tersimpan di bank sentral Inggris.

Peter Mooslechner direktur Eksekutif Ă–sterreichische National bank (Bank Sentral Austria) menyatakan bahwa Austria telah mengajukan penarikan cadangan emas mereka senilai 3,5 Miliar Euro dari Inggris dalam 5 tahun ke depan.
 

Pertanyaannya adalah mengapa Inggris (dan juga Amerika) menjadi tujuan utama "penitipan" cadangan emas dunia

Sederhana saja, suatu negara ingin agar barang berharganya disimpan di tempat yang aman. Maka suatu negara yang tidak percaya diri dengan keamanan dalam negerinya (karena berbagai faktor seperti geopolitik, sejarah perang PD 1 dan 2, dll) akan mencari negara yang keamanan yang dianggap lebih,baik dari sisi militer, politik, ekonomi dll. Inggris adalah salah satu negara yang dianggap memiliki itu, maka jadilah Austria salah satu negara yang menitipkan cadangan emasnya di Inggris. Dengan alasan yang sama pula Austria kemudian menariknya hingga persentase emas titipannya adalah 50%. 

Ancaman krisis Eropa juga mendorong Austria untuk menyiapkan jaring pengaman yang lebih untuk memperkuat aset bank sentralnya. Dan jaring pengaman terbaik itu ada pada emas, secanggih apapun mata uang selainnya.

No comments: