www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Friday, February 14, 2014

Gold as the portfolio choice for all seasons

“Satu ounce emas tahun 2001 adalah $271. Sepuluh tahun kemudian  menjadi $1.896— naik hampir 700 persen. Dalam perjalanannya, emas berhasil melalui periode terburuk dalam sejarah modern, ketika bank-bank berjatuhan dan mata uang kehilangan nilainya. Harga emas melonjak dalam keadaan krisis ini.  Dibandingkan dengan produk-produk derivatif, emas bersinar dengan tenang dalam tradisi yang kuat. Dihargai sepanjang abad, standar kesejahteraan, uang yang orisinil, dan proteksi nilai. Emas adalah aksiomatik. Pandangan ini berasal dari konsep bahwa emas tidak berubah- logam  mulia alami.” – Matthew Hart, Vanity Fair, November, 2013
 
Anggota parlemen Inggris, Sir Peter Tapsell berkomentar pada 1999 silam sebagai reaksi dari keputusan Menteri Keuangan Inggris saat itu Gordon Brown, yang memaksa untuk menjual lebih dari setengah cadangan emas Inggris.Tapsell dalam komentarnya menyinggung  “dollar, yen dan euro” karena proposal Dept. Keuangan Inggris menjual cadangan emas mereka dan menukarnya dengan ketiga mata uang tersebut. Berikut komentarnya :

“Pandangan umum mengenai emas, dan kualitas yang membuatnya begitu spesial dan menarik adalah dia universal, eternal, dan hampir tidak bisa dihancurkan. Menteri (Gordon Brown) mesti setuju bahwa emas itu indah. Slogan yang paling populer adalah‘As good as gold.’Para ilmuwan dapat melakukan kloning pada domba, dan sedang mencobanya pada manusia, mereka juga tidak dapat mengkloning emas, walaupun mereka berusaha melakukannya selama10.000 tahun. Menteri (Gordon Brown) mungkin berpikir telah menemukan rumus kimia baru untuk merubah batu menjadi emas versi partai buruh, namun dollars, yen dan euro tidak akan dapat melewati badai dan tidak akan pernah berubah menjadi emas. 

Kalimat di atas menyindir begitu dalam. Menggambarkan esensi emas. Hampir satu setengah dekade setelah penjualan cadangan emas Inggris tersebut, emas naik dari $300 per ounce menjadi lebih dari  $1.900 per ounce yang beberapa meyakini sebagai harga emas tertinggi untuk sementara ini — menjadi sebuah ejekan yang terkenal di Inggris dengan istilah  Brown’s Folly (kebodohan Brown). 

Pada masa pemerintahan konservatif David Cameroon saat ini, publik juga masih menunggu apakah 415 ton emas yang dijual dahulu akan kembali masuk dalam cadangan emas Inggris? Biarlah mereka yang menjawab.

No comments: