www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Tuesday, July 26, 2016

Data Statistik Emas Swiss Juni : Anomali Arus Balik Emas


Ada yang menarik dari data statistik negara finansial dunia, Swiss. Yaitu data arus masuk dan keluar atau  ekspor dan impor komoditas emas. Kita mengenal selain sebagai pusat finansial dunia, Swiss juga terkenal sebagai negara industri perdagangan emas internasional. Data statistik bulan Juni lalu Swiss melakukan Impor dalam jumlah besar dari Uni Emirat Arab, Hongkong, dan Thailand. UAE dan Hongkong adalah negara yang tidak memproduksi emas secara domestik, sedangkan Thailand memproduksi hanya dalam jumlah kecil.Artinya ini adalah aktivitas mengambil keuntungan dari pasar Asia memanfaatkan margin kenaikan beberapa pekan terakhir.

Lalu kemana impor emas Swiss ini mengalir? Ternyata dalam jumlah besar mengalir ke Inggris dan AS, dua negara yang terkenal dengan aktivitas ekspor emasnya, kini melakukan hal yang  sebaliknya. Kuat dugaan impor yang mereka lakukan untuk memenuhi klaim emas negara-negara klien yang menyimpan emasnya di kedua negara tersebut.

Arus emas yang tidak biasa ini adalah sebuah indikator menarik terjadi pergeseran demand dari negara Asia ke Eropa dan Amerika yang tentu berpengaruh terhadap pergerakan harga emas  berikutnya.
 

No comments: