www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Sunday, September 6, 2020

Bank Sentral Filipina : Active Gold Trading

Bank Sentral Filipina beralih status menjadi active gold trading (pelaku aktif perdagangan emas)  dalam upaya badan moneter itu untuk menemukan pola terbaik dalam pengelolaan cadangan devisa. Demikian pernyataan gubernur bank sentral Benjamin Diokno Sabtu (5/9) kemarin. 

Bank Sentral Filipina beralih dari passive gold trading menjadi active gold trading akibat dinamika harga emas beberapa bulan belakangan. Undang-undang baru diluncurkan yang memungkinkan bank sentral  membeli emas dari perusahaan tambang tradisional di tengah tingginya cadangan devisa mereka, tambah Diokno.

Penelitian terbaru menyatakan proporsi emas dalam cadangan devisa yang ideal adalah 9,8%, sementara survey bank Dunia menghasilkan angka 9,55%. Bank Sentral Filipina sendiri mencadangkan 10% lebih rasio emas terhadap cadangan devisa mereka, masih menurut Diokno.

Filipina akan selalu menerapkan "kebijakan yang opurtunis dalam pengelolaan cadangan devisanya", kata salah seorang direkturnya. Negara tersebut mencatat cadangan devisa bruto senilai $98 miliar pada akhir Juli 2020.

Sumber : bloomberg.com



No comments: