www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Monday, November 10, 2008

Business Man II

Islam amat menganjurkan umatnya untuk berdagang. Dalam sebuah Hadits riwayat Ibnu Majjah Rasulullah SAW bersabda :" Sembilan dan sepuluh pintu rizki umatku ada di perdagangan".Selain Rasulullah SAW ada sahabat lain yang patut kita contoh dalam urusan perdagangan ini. Dialah Abdurrahman bin Auf ra yang masuk Islam sejak awal atau disebut juga dengan assabiqunal awwalun hanya selisih 2 hari sesudah Abu Bakar Assidiq ra. Abdurrahman bi auf tidak mengandalkan fasilitas atau modal dari pihak lain.Ketika hijrah ke Madinah, dia tidak membawa bekal apapun. Ketika mendapat tawaran dari Sa'ad Rabi' al Anshari untuk menerima separuh hartanya , Abdrrahman bin Auf menolak dia hanya minta ditunjukkan dimana letak pasar. Berikut adalah prestasi-prestasinya :
  1. Beliau termasuk 10 orang sahabat yang dijamin masuk surga (sedang kita belum dijamin masuk surga)
  2. Beliau termasuk salah satu dari enam orang yang ditunjuk oleh Umar bin Khattab untuk memilih khalifah sesudahnya.
  3. Beliau seorang mufti yang dipercaya oleh Rasulullah SAW untuk memberi fatwa padahal Rasulullah SAW masih hidup.
  4. Beliau terlibat dalam perang Badar bersama Rasulullah SAW dan menewaskan musuh-musuh Allah. Beliau juga termasuk sahabat yang bertahan di sisi Rasulullah SAW dalam perang Uhud ketika tentara pasukan muslimin banyak yang meninggalkan peperangan.
  5. Suatu saat ketika Rasulullah SAW berpidato menyemangati kaum muslimin untuk berinfaq di jalan Allah SWT, Abdurrahman bin Auf menyumbang separo hartanya senilai 2.000 dinar atau sekitar Rp.2,36 milyar uang saat ini. Saat itu hartanya baru 4.000 dinar atau Rp.4,37 miliar.
  6. Dalam perang Tabuk ketika Rasulullah SAW membutuhkan dana yang mahal dan sulit karena medannya jauh ditambah situasi Madinah saat itu yang sedang dilanda musim panas, Abdurrahman bin Auf menyumbang 200 uqiyah emas.
  7. Setelah Rasulullah wafat, Abdurrahman bin Auf ra bertugas untuk menjaga kesejahteraan dan keselamatan ummahatul mu'minin (para istri Rasulullah SAW)
  8. Abdurrahman bin Auf pernah menyumbangkan seluruh barang dagangannya kepada penduduk Madinah. Padahal barang dagangannya diangkut oleh 700 unta yang memenuhi jalan-jalan kota Madinah.
  9. Abdurrhaman bin Auf juga tercatat pernah menyumbang dengan sembunyi-sembunyi atau terang-terangan antara lain 4.000 dirham (sekitar Rp 1,2 miliar), 40.000 dinar (sekitar Rp.47 miliar), 200 uqiyah emas, 500 ekor kuda, dan 1500 ekor unta.
  10. Beliau ra juga menyantuni sekitar 100 orang veteran perang Badar yang masih hidup kala itu dengan 400 dinar per orang (sekitar Rp 473 juta)
  11. Sudah begitu banyak yang beliau ra infakkan di Jalan Allah SWT, ketika meninggal pada usia 72 tahun masih juga meninggalkan sejumlah harta yang amat banyak yang terdiri dari 1000 ekor unta, 100 ekor kuda, 3000 ekor kambing, dan masing-masing istri mendapat warisan sebesar 80.000 dinar....bayangkan 80.000 dinar. Sebagai catatan istri-istri Abdurrahman bin auf ada 4. Warisan untuk istri jika ada anak adalah 1/8, nah karena istrinya ada 4 maka masing-masing istri mendapat 1/32. Jadi 80.000 dinar setiap istri itu setara dengan sekitar Rp 94 miliar.Sehingga total harta yang ditinggalkan Abdurrahman bin Auf saat itu sebesar 2.560.000 dinar atau Rp.3,02 triliun !!! Subhanallah
Ya Allah jadikanlah harta kami penuh berkah seperti Abdurrahman bin Auf, harta yang bersih, halal, mubarak......

No comments: