www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Wednesday, January 6, 2010

Prediksi Emas James Turk

James Turk (pendiri Gold Money) dalam tulisannya tanggal 2 Januari 2010 http://www.fgmr.com/january-2-2010-outlook-for-2010.htmld mengeluarkan prediksinya tentang performa emas di 2010.
Ada dua poin yang bisa ditangkap dari artikelnya sbb :

1. US Dollar akan mengalami Hiperinflasi.

Ini prediksi yang wajar mengingat sepanjang 2009 kemarin pemerintah AS mengeluarkan uang "gila-gilaan" untuk menyelamatkan institusi keuangannya . Ibarat menanam, maka diprediksi tahun 2010 adalah masa panen. Saat ini saja anggaran AS sudah defisit hingga triliunan Dollar (lihat http://www.bloomberg.com/apps/news?pid=20601103&sid=aA8lChe4zUQU). Dengan berlebihnya Dollar yang beredar, yang sebagian besar lari ke pasar uang (tidak ke sektor rill), mengakibatkan Inflasi atau Hiperinflasi ibarat "bom waktu".
Negeri ini sendiri pernah mengalami inflasi tahun 60-an jaman Presiden Soekarno, saat itu 1 US Dollar senilai Rp120.000 dan harga barang naik 4,5 kali lipat (tingkat inflasi 450%) dan Sanering Rp 1000 uang lama menjadi Rp 1 uang baru (seperti yang terjadi pada Won Korea Utara walau nilai Saneringnya berbeda)

2. Harga emas akan mencapai US$2.000

Ketika nilai Dollar semakin melemah, maka sebaliknya emas sebagai timbangan dari seluruh komoditas akan terlihat perkasa terhadap US Dollar, yang ditandai dengan naiknya harga emas dalam US Dollar (padahal yang terjadi daya beli Dollar yang melemah terhadap emas).
James Turk menyatakan prediksi harga ini dengan kata "some time during 2010" artinya harga emas mencapai US$2000/oz dapat terjadi kapan saja sepanjang 2010.
Bagi Dinar kenaikan harga emas internasional tentu dapat memicu kenaikan harga walaupun diukur dengan Rupiah( yang tahun ini menguat 4 basis poin indexnya).
Terlebih bulan Januari hingga Maret nanti adalah musimnya kenaikan harga emas internasional yang juga berarti kenaikan harga Dinar.
Namun semua di atas hanyalah prediksi, ilmu masa depan hanya milik Allah SWT semata.
Kebenaran dari Allah semata, kesalahan adalah sifat manusia.
Wallahu 'alam.

No comments: