www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Friday, May 4, 2012

The Reds VS The Blues dalam Pasar Emas Dunia

Artikel dari Hugo Salinas tentang perang di pasar emas, cukup menarik. Walaupun memang kekuatan pengontrol harga emas dunia masih diperdebatkan dalam kemampuannya mempengaruhi harga emas, namun kita bisa melihat suatu sudut pandang dari pertarungan harga emas saat ini, ketika harga emas masih berada dalam tren yang menurun. Hal ini bisa berbalik menjadi trend naik ketika kekuatan yang mempengaruhi harga emas melemah dan terjadi hal sebaliknya. Berikut saya sadur dengan beberapa perubahan.Anda bisa melihat artikel aslinya di link berikut.
http://www.plata.com.mx/mplata/articulos/articlesFilt.asp?fiidarticulo=186


Saya tidak memiliki bola kristal yang dapat memberitahu saya apa yang terjadi di masa depan, tidak juga saya memiliki informasi dari sumber insider yang memberi bocoran pada saya apa yang sedang terjadi (di pasar emas khususnya); sebagai seorang analis (pro) emas saya pun membaca apa yang dibaca analis lainnya.

Akhir pekan ini saya mendownload 6 grafik dari kitco.com. Grafik-grafik tersebut bertanggal 19, 20, 23, 24, 25 and 26, April 2012.
Latar belakang ekonomi dari grafik-grafik ini adalah kebangkrutan raksasa di Eropa dan berakhirnya Euro di masa datang,  bersamaan dengan bencana besar di AS dengan defisit fiskal yang tidak ada tanda-tanda akan berakhir , dan kebijakan tingkat suku bunga yang dapat menyebabkan situasi kolaps-semuanya hingga saat ini masih tertahan dalam kondisi hypnotic levitation (kondisi seseorang seakan-akan melayang di udara sebagai sebuah teknik hipnotis) .
Thursday, April 19

Gambar ini adalah pertarungan antara kelompok yang mengontrol ekonomi dunia yang ingin menahan agar  harga emas tetap turun selama krisis besar dalam peradaban barat saat , dan kelompok lainnya adalah individu, institusi, dan kementrian keuangan di seluruh dunia yang ketakutan akan kehilangan aset berharga mereka. Sebuah ketakutan yang sama dengan kelompok yang pertama bila harga emas naik dengan tinggi, sehingga kontrol mereka terhadap keuangan dunia akan lenyap
Suasananya dapat terlihat di grafik ini.
Sekitar jam 9 a.m. (waktu New York ) kelompok pertama (yang ingin mengontrol harga emas) memutuskan menghantam harga emas dengan keras sehingga harga emas jatuh ; mereka tidak bertujuan mengambil keuntungan dengan transaksi short (menggoyang pasar sesaat sehingga harga jatuh, kemudian memborongnya untuk dijual kembali ketika harga naik, sehingga mereka dapat keuntungan dari selisih harga dalam jangka pendek-transaksi ini haram dalam Islam)- sebab motif mereka memang tidak mencari keuntungan, tetapi menjaga agar harga emas tetap rendah dan membuat trend menurun dalam pasar emas. Bagaimanapun juga hilangnya kontrol mata uang kertas terhadap harga emas tidak penting bagi kelompok pertama, sebab apabila harga emas dibiarkan tanpa perlawanan, maka harga emas akan naik signifikan, dan tentu daya beli mata uang kertas akan turun, namun bagi mereka tidak masalah, toh mereka masih bisa mencetaknya lebih banyak lagi.

Pertarungan antara mereka kita namakan saja antara  MU (the Reds yang mewakili kelompok pertama) dan Chelsea (the Blues yang mewakili kelompok ke dua).
Maka pada tanggal 19 April (grafik di atas) sekitar jam 8: 15 the Reds menyerang, sehingga menyebabkan harga emas turun $8 menjadi $ 1.632 dalam beberapa menit saja.  
Namun 15 menit kemudian, segera setelah the Reds menghentikan penjualan emasnya untuk menekan harga emas agar turun sesaat,  maka ketika harga rendah maka investor segera memborongnya, sehingga harga emas kembali naik menjadi $1.658, sebelum jam 10 a.m. Pada harga $1,658, the Reds kembali menyerang dan harga emas turun $6 menjadi $1.640 p.m.
Friday, April 20
Pertandingan makin seru. Keesokan harinya the blues dan the reds saling serang, dimana the blues melakukan aksi beli, dan the reds melakukan aksi jual, sehingga harga tertahan pada $1.642.
Monday, April 23
Pada 23 April the reds mulai lebih dahulu melakukan serangan,  pada jam 3 a.m. waktu NY. The blues menunggu saat yang tepat untuk melakukan aksi beli. The Blues menahan serangannya hingga jam  8:30 a.m. dan pada harga $1.624 mulai membeli,membawa harga emas naik menjadi  $1.639 sebelum jam5 p.m., dengan respon yang minim dari the reds.
Tuesday, April 24
The blues makin kuat pada jam 3 a.m., dan mulai membeli pada harga $1,634. The reds memilih bertahan dan membiarkan the blues untuk melancarkan serangan, membawa harga naik menjadi $1,649, ketika the reds melakukan serangan balik, membawa harga turun ke angka $1,641.
Wednesday, April 25
Pertandingan hari ini berjalan dramatis! Harga emas menggantung pada angka $1,642 dari tengah malam hingga siang hari, setelah jam 12.00 siang the reds mengamuk dan memberi pelajaran buat the Blues, dan harga jatuh menjadi $1.625.Tetapi respon the blues juga kuat, sepanjang  jam 1 p.m dan 2 p.m  harga emas naik menjadi $ 1.646.Tetapi the reds membiarkan the blues bersenang-senang dan 60 menit berikutnya the reds  kemudian membalas, dan membawa harga pada $1.638.The blues kembali menyerang balik dan membalikkan harga menjadi $1.643 pada jam 3 p.m. Tidak ada yang kalah dan tidak ada yang menang, hasil imbang.  

Thursday, April 26
Harga emas eksis di $1.646 pada tengah malam, waktu NY.The blues kemabali menyerang dan the reds bertahan, tetapi secara umum the blues unggul dan harga emas berada pada angka $1.675, naik $11,5 di hari itu.
***
Tujuan the reds dari pertandingan ini adalah menjaga agar harga emas tetap turun selama krisis besar dalam sistem keuangan barat. Apabila mereka tidak bisa menjaga ritme permainan ini, maka kenaikan harga emas akan semakin menjadi pada bulan agustus tahun ini.Dan the reds akan mengalami kekalahan telak. Ada apa dengan bulan Agustus??? simak tulisan berikutnya.

No comments: