www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Monday, July 16, 2012

Kala Pattar


Ada sebuah buku bagus terbitan tahun 1988 yang berjudul Mendaki Kala Pattar. Buku ini memang buku lama dari negeri Jiran terbitan Dewan Bahasa dan Pustaka Kementrian Pendidikan Malaysia. Buku ini ditulis oleh Dr. Zaini Shaarani. Selama sakit hampir satu minggu, saya ditemani oleh buku ini.

Buku ini sarat pelajaran bagaimana sebuah mimpi dirajut. Dalam prakatanya penulis memaparkan bagaimana ketika kecil dahulu beliau terpengaruh oleh buku-buku petualangan di negeri-negeri nan jauh dan akhirnya mimpi kecilnya ini menjadi kenyataan.

Buku setebal 150 halaman ini bercerita mengenai ekspedisi pertama negara Malaysia untuk meraih puncak gunung Kala Pattar (5.547 m) yang terletak di pegunungan Himalaya bersebelahan dengan gunung Everest. Kala Pattar termasuk salah satu gunung tertinggi di dunia.
Ekspedisi ini terdiri dari 19 orang yang dipimpin oleh Dr. Zaini Shaarani. Beliau adalah pendaki gunung yang sudah lebih dari 10 kali mendaki pegunungan Himalaya yang juga pencetus ide ekspedisi ini.

Selama ekspedisi yang bermula  24 Desember 1984 hingga 24 Januari 1985 ada beragam peristiwa 
yang mewarnainya. Bagaiamana susahnya memimpin 18 orang yang berbeda latar belakang dan karakter ditumpahkan Dr Zaini dalam buku ini. Terlebih selama proses pendakian di tengah cuaca dingin disertai salju dan medan yang sungguh berat, dituntut kesabaran, kejelian, ketegasan hingga tim berhasil meraih puncak. Walaupun akhirnya hanya 13 orang saja yang berhasil mencapai puncak Kala Pattar, namun dapatlah ekspedisi ini dikatakan berhasil. Sedangkan 6 orang lainnya terpaksa memendam azam meraih puncak karena sebagaian besar terkena sakit, terutama altitude sickness (penyakit yang menyerang di daerah tinggi). Bahkan ada satu orang peserta yang terpaksa turun sebelum mencapai puncak karena terkena penyakit ini, padahal hanya tinggal 305 meter saja!

Banyak pelajaran yang bisa diambil dari kisah ini seperti kepemimpinan yang kuat merupakan syarat mutlak keberhasilan, ego pribadi mesti dikorbankan untuk maslahat bersama, komitmen yang tinggi dan kemampuan untuk menjaganya, bersabar karena tiada keberhasilan tanpa kesabaran, bersikap realistis ketika dihadapkan pada pilihan yang sulit, menjaga kehormatan diri dlsb.  

No comments: