www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Tuesday, March 7, 2023

Zeit : Jerman Akan Melarang beberapa Komponen 5G dari Cina

Jerman akan melarang operator telekomunikasi  untuk menggunakan sebagian  komponen perusahaan  Cina Huawei dan ZTE dalam jaringan 5Gnya dalam laporan surat kabar online Jerman,  Zeit. 

Larangan itu dapat mencakup komponen yang sudah dibangun ke dalam jaringan, yang mengharuskan operator untuk menghapus dan menggantinya, tulis Zeit Online, mengutip sumber pemerintah seperti disiarkan Reuters pada Senin (6/3) waktu setempat.

Pemerintah Jerman, yang saat ini sedang melakukan evaluasi ulang yang lebih luas atas hubungannya dengan mitra dagang utama China, tidak segera menjawab permintaan komentar.


Kritik terhadap Huawei dan ZTE mengatakan bahwa hubungan dekat mereka dengan layanan keamanan China dapat diartikan bahwa menanamkannya ke dalam jaringan seluler di masa depan dapat memberi mata-mata China atau penyabotase akses ke petak-petak infrastruktur penting.

Huawei, ZTE dan pemerintah China menolak klaim tersebut. Mereka tidak segera membalas permintaan komentar tentang kemungkinan larangan.

Sebuah laporan baru menunjukkan bahwa Jerman sebenarnya menjadi lebih bergantung pada Huawei untuk peralatan jaringan akses radio (RAN) 5G daripada di jaringan 4G, meskipun operator telah menghindari penggunaan teknologi perusahaan untuk jaringan inti.

Zeit Online mengatakan badan keamanan siber pemerintah dan kementerian dalam negeri selama berbulan-bulan telah memeriksa apakah ada komponen dalam jaringan 5G yang berkembang yang dapat membahayakan keamanan Jerman.

Survei tersebut belum secara resmi diakhiri, tetapi hasilnya sudah jelas, kata surat kabar itu, mengutip sumber-sumber pemerintah. Pemerintah akan melarang operator menggunakan elemen kontrol tertentu dari Huawei dan ZTE di jaringan 5G. 

Sumber : Antara

No comments: