www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Wednesday, August 30, 2023

BRICS SUMMIT Berakhir tanpa Kesepakatan Mata Uang Bersama.

Sejumlah negara menghadiri pertemuan tingkat tinggi yang tergabung dalam BRICS (Brazil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan) yang berakhir Kamis pekan lalu di Afrika Selatan.

Pertemuan tersebut berhasil menambah keanggotaan baru yaitu Arab Saudi, Iran, Mesir, Ethiopia, Argentina, dan Uni Emirat Arab . Perluasan anggota ini adalah yang pertama selama 13 tahun terakhir sebagai alternatif dari kelompok bentukan barat.

Pembicaraan mengenai penggunaan mata uang bersama kelompok BRICS sebagai rival dari Dollar tidak terwujud karena perbedaan pendapat yang mengemuka. Padahal penggunaan Dollar di dunia sendiri mencapai rekor sebesar 46%.

Presiden Brazil Luiz Inacio Lula Da Silva menekankan perlunya menggunakan mata uang lokal dalam investasi dan perdagangan seraya menyingkirkan Dollar. Sedangkan presiden Rusia Putin juga trauma dengan Dollar akibat sanksi ekonomi akibat invasi Ukraina. Xi Jinping presiden Cina yang juga bersebrangan dengan AS menginginkan reformasi sistem moneter dan keuangan internasional dengan mengajukan Yuan sebagai mata uang masa depan. Sedangkan India yang diwakili menteri Perminyakannya berharap  Rupee lah yang menjadi mata uang terkemuka di dunia.

Jim ONeill mantan ekonom Goldman Sachs mengatakan sulitnya negara-negara BRICS sepakat karena konflik yang ada di sebagian negara tsb. Contohnya Cina dan India masih konflik di daerah perbatasan dan faktor-faktor ekonomi dan politik lainnya.







No comments: