www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Saturday, August 24, 2013

World’s Top 10 Gold Deposits

Berikut ada data terbaru (20/08) tentang 10 produsen teratas tambang emas dunia. Memilah mereka tentu tidak mudah karena ada beberapa kriteria sehingga mereka mendapatkan peringkat. Berikut 10 teratas yang disusun berdasarkan produksi tahunan, besar kandungan emas yang sudah terbukti dan masih diduga. Pada akhirnya kami memutuskan untuk memberi peringkat berdasarkan ukuran kandungan emas secara keseluruhan untuk memberi gambaran yang lebih jelas tentang cadangan emas yang sudah terindikasi maupun potensinya. Kami memulai dari yang paling kecil hingga terbesar, selamat membaca.

10. | Obuasi | 29.830.000 Troy Ounce Emas
Lokasi : GHANA, Afrika Barat

Di peringkat 10 adalah Obuasi, tambang ini dimiliki oleh produsen emas besar  AngloGold Ashanti. Tambang ini menghasilkan produk kualitas tinggi dengan operasi open-pit dalam sejarahnya yang panjang. Berlolasi di wilayah  Ashanti barat daya  Ghana di Afrika Barat ; sebuah daerah produktif tambang selama berabad-abad. Operasi penambangannya mencapai kedalaman  1.500 meter atau 4.900 kaki (hampir 1 mil). Penambangan dimulai di Obuasi  lebih dari  110 tahun lalu, pada tahun 1897 yang asalnya memang dikenal dengan tambang Ashanti.


9. | CADIA EAST | 37.600.000 Troy Ounce Emas
Lokasi : New South Wales, AUSTRALIA

Pada peringkat ke 9 adalah  Cadia East, yang dimiliki perusahaan tambang besar Australia Newcrest. Operasi penambangan bawah tanah yang besar adalah bagian dari 3 lokasi yang saling berdekatan satu sama lain, yang dikenal secara kolektif sebagai operasi  Newcrest's Cadia Valley,kira-kira 250 kilometer sebelah barat Sydney. Dua tambang lainnya adalah Cadia Hill dan Ridgeway. Cadia Hill adalah tambang open-pit yang besar yang hampir habis usianya, dimana penemuan lokasi tambang baru yang baru saja dibangun yang diharapkan berumur 30 tahun ke depan. Emas pertama kali ditemukan di wilayah Cadia pada tahun 1851 dan kemudian di  Cadia East ditemukan pada tahun 1994.


8. | MPONENG | 39.557.000 Troy Ounce Emas
Lokasi : Dekat Johannesburg, AFRIKA SELATAN

Di peringkat delapan adalah Mponeng, yang lagi-lagi dimiliki oleh perusahaan besar Anglo Gold Ashanti Afrika Selatan. Berlokasi sekitar 65 km sebelah barat Johannesburg yang merupakan salah satu wilayah tambang paling produktif yang dikenal dengan nama Witwatersrand. Sebagai tambahan selain masuk dalam daftar salah satu tambang paling besar di dunia, Mponeng juga salah satu lokasi tambang bawah tanah paling dalam sedunia. Memanjang lebih dari 2 mil dari permukaan tanah dan butuh waktu 1 jam untuk mencapai dasarnya. Bebatuan pada kedalaman ini mencapai suhu 150 derajat  farenheit sehingga membutuhkan adukan es yang dipompa ke dalam tanah untuk mendinginkan lingkungan sekitarnya hingga mencapai 85 derajat farenheit.

7. | PUEBLO VIEJO | 40.085.000 Troy Ounce Emas
Lokasi: REPUBLIK DOMINIKA

Berikutnya di peringkat 7 adalah Pueblo Viejo, yang dimiliki secara bersama oeh dua perusahaan besar Barrick (60%) dan Goldcorp (40%). Cadangan depositnya yang besar terletak di Republik Dominika, sekitar 100 km barat laut ibu kota Santo Domingo. Sebuah kejutan kepulauan kecil ini ternyata kaya dengan dengan cadangan bijih tambang. Tambang dengan operasi  open pit sangat baru dan baru mulai berproduksi bulan Januari 2013. Disana juga kaya dengan cadangan perak dan tembaga yang melengkapi cadangan emas. Dengan upaya produksi maksimal, lokasi ini akan menjadi salah satu produsen tambang terbesar di dunia.


6. | OYU TOLGOI | 46.340.000 Troy Ounce Emas
Lokasi : Gurun Gobi Selatan , MONGOLIA

Di peringkat 6 adalah Oyu Tolgoi,  dimiliki bersama oleh Rio Tinto (34%), Turquoise Hill (32%) dan Mongolia (34%). Ini adalah tambang yang baru dibangun secara besar-besaran yang berlokasi di daerah selatan yang terpencil di Mongolia. Tambang ini dibangun dengan amat mahal senilaiUS$ 6,6 miliar yang mulai produksi bulan Januari 2013 lalu. Sebagai tambahan cadangan emasnya sejumlah 46 miliar troy ounce emas, juga mengandung 40 miliar pound tembaga senilai US$ 140 miliar. Lokasi ini juga akan menjadi salah satu produsen tambang emas dan tembaga di dunia bila beroperasi dengan kapasitas penuh.


5. | OLYMPIADA | 47.500.000 Troy Ounce
Lokasi : Siberia Tengah, RUSSIA

Di peringkat 5 adalah  Olympiada, yang dimiliki secara penuh oleh perusahaan besar Rusia  Polyus. Tambang open-pit yang besar ini berlokasi di negara bagian paling produktif  tambangnya yaitu  Krasnoyarsk krai  di Siberia Tengah. Faktanya wilayah ini secara umum adalah pusat produksi cadangan mineral Rusia. Olympiada ditemukan pada tahun 1970 dan akhirnya mulai berproduksi tahun 1996 dan meskipun usianya sudah cukup lama namun cadangan mineralnya masih banyak yang belum di gali. Rusia adalah produsen tambang terbesar nomor 4 di dunia, dan produsen terbesar di Rusia adalah Olympiada yang mencakup 9% dari total produki selama 2012.

4.| MURUNTAU | 50.000.000 Troy Ounce Emas
Lokasi : Gurun Kyzyl Kum , UZBEKISTAN

Di peringkat 4, Muruntau adalah tambang open-pit terbesar secara fisik di muka bumi, berukuran   3.5km x 2.5km di atas permukaan tanah. Tambang megalith ini dimiliki oleh pemerintah Uzbekistan setelah mereka mengambil alih dari  Newmont's tahun 2006 (nah ini pelajaran untuk Indonesia). Seperti saudaranya  Oyu Tolgoi dan Olympiada, tambang ini berlokasi di daerah terpencil padang rumput Asia. Produksi mulai di akhir tahun 1960-an, seiring produksi skala besar yang modern beroperasi penuh tahun 1990-an dengan keterlibatan Newmont's . Meskipun besar, cadangan sebenarnya sulit dipastikan karena kurangnya transparansi dari pemilik.


3. | LIHIR | 64.100.000 Troy Ounce Emas
Lokasi : Niolam (aka Lihir) Island, PAPUA NEW GUINEA

Kini kita memasuki daerah pegunungan tinggi. Di peringkat 3 adalah Lihir dengan cadangan emas sebesar 64 juta troy ounce emas. Tambang open-pit tropis ini mulai produksi tahun 1997 dan kini dimiliki oleh perusahaan besar Australia Newcrest yang membelinya tahun 2010 sejumlah US$ 22 miliar. Lokasi tambang ini juga di daerah terpencil, di sebuah pulau kecil Lihir, 900 km lebih sebelah timur  Port Moresby, Papua New Guinea. Lokasi tambang dekat kaldera gunung berapi yang sudah tidak aktif namun masih punya potensi geothermal. Modernisasi peralatan sedang berjalan untuk menggenjot produksi, sehingga memungkinkan tambang ini menjadi produsen tambang emas terbesar di dunia.

2. | SOUTH DEEP | 81.413.000 Troy Ounce Emas
Lokasi : Dekat Johannesburg, AFRIKA SELATAN

Peringkat ke 2 South Deep  juga terletak di Witwatersrand Basin, sangat dekat dengan peringkat 8 Mponeng. Lokasi ini juga telelak jaun di kedalaman dengan produksi kualitas tinggi, barat daya Johannesburg. Tambang ini masih di tahap awal untuk berproduksi dengan kapasitas penuh. Tambang mulai beroperasi tahun 1961 dan perusahaan Gold Fields membelinya tahun 2006. Tambang ini memproduksi 273.000 troy ounce emas tahun  2012 dan diharapkan dapat menambang produksi hingga  770.000 troy ounce per tahun  di 2015. Yang menakjubkan, diperkirakan tambang ini akan dapat mempertahankan tingkat produksi ini hingga tahun 2057, dimana akan habis pada tahun 2080 (insya Allah).
1.| GRASBERG | 106.231.000 Troy Ounce Emas
Lokasi : Papua, INDONESIA

Ya kini di peringkat 1 adalah Grasberg. Ia adalah sesepuh dari seluruh tambang di dunia dengan cadangan emas sekitar 100 juta troy ounce. Tambang yang masif ini dimiliki oleh Freeport McMoRan namun dengan sharing dalam skala tertentu dengan  Rio Tinto. Lokasinya ada di ketinggiahn  4.300 meter atau 14.000 kaki. Faktanya, Grasberg sejauh ini lebih dikenal sebagai produsen tembaga, dibanding produsen emas dan oleh karenanya merupakan tambang tembaga dan emas terbesar di dunia. Operasi tambangnya terdiri dari open-pit dan underground. Cadangan lain dari Freeport adalah Uranium yang merupakan bahan baku nuklir, untuk cadangan ini nilainya belum diperhitungkan .
http://welkis.files.wordpress.com/2008/10/grasberg-mine-indonesia23113130_std.jpg 

No comments: