www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Thursday, March 5, 2009

Masuk Akal?

Hari hari ini harga Dinar masih cukup tinggi bila dibandingkan tahun lalu ketika ditutup pada 31 Desember 2008 dengan Rp.1.345.680,-. Saat saya menulis 1 Dinar adalah Rp. 1.511.300,- . Sehingga banyak orang yang wait and see melihat harga Dinar untuk investasi mereka. Ada pertanyaan dari seorang kawan apakah harga Dinar saat ini masuk akal? Jawabannya dikembalikan pada data statistik ketika ditutup tahun 2008 dengan harga Rp.1.345.680,- maka dibanding tahun sebelumnya (2007) sebesar Rp. 1.090.100,- harga Dinar naik sekitar 23%. Apabila kenaikan tahun ini juga sebesar 23% maka pada akhir tahun nanti Dinar ditutup dengan harga Rp1.655.186,-. Namun jika melihat trend kenaikan Dinar dalam 40 tahun terakhir sebesar 28,73% per tahun maka pada tahun 2009 ini Dinar ditutup dengan harga Rp1.732.293,-. atau bisa menembus Rp2,7 juta sesuai prediksi Citigroup dan Rp. 2,2 juta seperti prediksi gerai dinar. Wallahu 'alam. Ini semua sebatas prediksi atau ilustrasi saja. Artinya harga saat ini di kisaran Rp 1,5 juta masih wajar jika melihat trend kenaikan Dinar tahun lalu atau 40 tahun terakhir.
Jadi kapan saat tepat beli Dinar? Saat tepat beli Dinar yaitu ketika uangnya ada...ya maksud saya kalau uangnya nggak ada kan ya belum bisa beli. Saat tepat beli Dinar adalah ketika kita memang membutuhkan investasi jangka menengah panjang apakah untuk keperluan Haji, Pendidikan anak, Tabungan pensiun dlsb. Pada harga berapa? Pada harga yang kita memang can afford it dan lebih baik lagi ketika harga sedang turun. Bagaimana mengetahui harga turun? Kita mengetahui harga turun terutama jika kita punya cukup waktu untuk memantau harga Dinar dalam waktu cukup panjang, sehingga kita bisa mengetahui saat harga sedang turun. Jika kita tidak punya waktu ya cukup bertanya kepada orang yang rajin memantau harga Dinar, seperti saya..he he.. (nanya aja sih gratis....kecuali beli dinarnya....).
Sekali lagi hindari berspekulasi dalam investasi Dinar, sebab selain dilarang oleh Islam juga hanya akan membuat kita selalu tidak puas. Namun bagaimanapun menariknya inveratasi Dinar dia tetap invetasi terbaik nomor dua setelah Bisnis yang dikelola dengan baik.

No comments: