www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Thursday, December 3, 2009

Dollar Melemah, Emas Menguat

Tampaknya harga emas dunia masih akan terus naik. Pagi ini harga emas berada pada US$1.215,55 dan masih terus berpotensi lebih tinggi lagi, dan sebaliknya nilai Dollar terus melemah (baik terhadap emas maupun dalam Dollar Index) dan masih berpotensi untuk terus melemah.
Gambard disamping menjelaskan bagaimana kebijakan kredit dengan berbagai bentuk produk yang dikucurkan Federal Reserve (Bank Sentral AS) periode Januari 2007 hingga Oktober 2009.
Total utang yang dimiliki oleh the Fed adalah US$2.157 miliar bandingkan dengan modal yang mereka punya yang hanya US$52,8 miliar, menyebabkan leveragenya (rasio utang terhadap modal) adalah 40,8 kali. Ini amat tinggi, jauh lebih tinggi dibanding kebanyakan Bank yang ada. Contoh lain adalah produk Mortgage-backed Securitiesnya (surat utang perumahan yang dapat diperjualbelikan oleh pihak lain ke investor perorangan) The Fed (warna biru muda bagian atas) juga amat tinggi. Rasio leveragenya setara dengan 19 kali lebih tinggi dibanding modalnya.
Fakta-fakta ini semua akan menyebabkan nilai Dollar akan terus melemah dari waktu ke waktu. Sebab semakin banyak Dollar yang beredar dalam berbagai bentuk produk finansial atau utang yang tidak diiringi dengan perputaran sektor riil akan mengakibatkan menurunnya nilai/daya beli mata uang tersebut. Terhadap apa? Salah satunya adalah terhadap emas. Sebab emas adalah cerminan dari harga seluruh komoditas.
Maka bagi ingin memproteksi assetnya dalam Dinar adalah langkah yang tepat, tentu untuk jangka menengah panjang, tidak untuk spekulasi.
Wallahu 'alam


No comments: