www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Tuesday, December 29, 2009

Trend kenaikan Harga Emas di Asia

Ada empat pasar di dunia yang mempengaruhi harga emas, yaitu pasar Hongkong (mewakili pasar asia), pasar London, pasar New York, dan pasar Australia. Dalam grafik http:/ /www.kitco.com (lihat gambar di samping) pasar Hongkong ditandai dengan warna Hijau, pasar London dengan warna Kuning , pasar New York dengan warna Merah , dan pasar Australia dengan warna Biru.



Ada pola yang menarik selama kenaikan emas sejak tanggal 22 November 2009 silam.
Pada pasar Asia (pasar Hongkong) tgl 22 November emas mencapai US$1.150 & naik hingga US$1.165 (perhatikan grafik warna Hijau selama pasar Hongkong berlangsung, kotak warna Hijau)









Kemudian pada tanggal 1 Desember harga emas mencapai US$1.178 dan naik hingga US$ 1.207 selama pasar Asia (pasar Hongkong) berlangsung.
(grafik warna Hijau)









Namun situasi yang berbeda terjadi selama pasar Amerika (pasar New York). Pada tanggal 4 Desember harga emas turun dari US$1.207 menjadi US$1.161 selama pasar New York (perhatikan grafik warna Hijau yang turun selama pasar New York, kotak warna Merah)







Pada tanggal 8 Desember harga emas juga drop hingga US$1.131 selama pasar Amerika (New York) berlangsung. (Grafik warna Hijau selama pasar New York, kotak warna Merah)









Pada tanggal 9 Desember harga emas drop hingga US$ 1.120 selama pasar New York berlangsung. (Grafik warna Biru selama pasar New York kotak warna Merah)











Pada tanggal 17 Desember harga emas juga turun hingga US$ 1.097 selama pasar New York (Grafik warna Hijau selama pasar New York, kotak warna Merah)













Dan pada tanggal 21 Desember harga emas turun hingga US$ 1.091 selama pasar New York, grafik warna Merah. Dan pada tanggal 22 Desember harga emas terus turun hingga US$1.074 selama pasar New York, keduanya kotak warna Merah.








Dari perkembangan data di atas kita bisa simpulkan selama kenaikan harga emas sejak 22 November tahun lalu, pasar Asia berpengaruh besar dalam peningkatan harga emas dunia. Dan sebaliknya terjadi beberapa kali penurunan harga emas di pasar New York yang mewakili pasar Amerika. Walaupun secara umum permintaan investasi emas meningkat di AS seiring dengan penurunan US Dollar. Namun adalah kesempatan baik untuk membeli emas selama fase penurunan harga tersebut.

Wallahu 'alam





























































































































































































No comments: