www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Saturday, April 10, 2010

Will Dollar & Bank Failures?

Jason Hamlin dari GoldStockBull.com memprediksi beberapa point yang akan terjadi pada 2010. 5 dari 10 prediksinya adalah sbb :

1. US Dollar akan terus menguat tapi akan jatuh pada akhir tahun.

Argumennya adalah Federal Reserved melipatgandakan jumlah uang beredar selama tahun 2009, tingkat defisit AS yang menembus rekor dan negara-negara Asia yang mulai mendiversifikasi cadangan Dollar mereka, sebagian dalam bentuk emas. Apabila keadaan ini terus berlanjut maka US Dollar akan meluncur jatuh, prediksinya pada akhir tahun. Saat ini memang nilai US Dollar, yang tercermin dari US Dollar Index cukup tinggi pada angka 80,91 (pada saat artikel ini ditulis).Argumen lainnya negara-negara Arab,China, Rusia, jepang dan Prancis ingin memutus transaksi minyak degan Dollar (lihat Arab countries, China, Russia, Japan and France want to end oil dealings in dollars) sehingga bisa memicu kejatuhan Dollar sewaktu-waktu.

2. Emas dan Perak akan menuju tingkat harga yang lebih tinggi.

Walaupun beberapa orang mengatakan harga emas saat ini (khususnya dalam US Dollar) telah mencapai puncaknya. Namun potensi kenaikan yang lebih tinggi masih akan terjadi, sebagaimana yang pernah saya tulis tentang prediksi James Turk pada 6 Januari 2010, bahwa harga emas bisa menembus US$2.000/oz. Saat ini harga emas international mulai merangkak naik pada angka US$1.160/oz.

3. Harga bahan bakar akan ikut naik.

Efek dari kenaikan harga emas secara relatif akan ikut menaikkan harga minyak. Rekor harga minyak tahun 2008 pada angka US$ 147, bisa saja terulang tahun ini. Saat ini harga minyak dunia adalah US$88,71/barel, memang masih jauh dibawah rekor tertingginya pada musim panas 2008. Dengan menguatnya ekonomi terutama Cina dan India, akan mengerek permintaan energi mereka, sehingga bisa mendorong harga minyak pada angka US$100 bahkan melampaui rekornya.

4. Harga produk pertanian akan meningkat.

Satu hal yang tidak mengalami kelebihan suplai adalah produk pertanian, kurangnya pasokan air dunia, dan tumbuhnya kelas menengah di Cina dan India, akan memicu kenaikan harga hasil pertanian pada 2010 ini. Sehingga investasi di sektor pertanian merupakan pilihan tepat.

5. Kegagalan Sejumlah Bank akan berlanjut, disertai dengan meningkatnya tensi politik.

Jumlah bank yang gagal (terutama di AS) akan terus bertambah pada 2010 ini. Parade kegagalan bank ini mengikuti 26 bank yang gagal pada 2008, 140 bank pada 2009, dan 41 bank terakhir pada 2010. Sehingga mendorong bank-bank besar untuk mengakuisisi bank-bank kecil. Tensi politik akan meningkat di Timur Tengah dan peran dingin antara AS dengan Cina/Rusia. Kepercayaan terhadap sistem politik akan tergerus, begitu juga terhadap para bankir.

http://en.wikipedia.org/wiki/2008–2010_bank_failures_in_the_United_States

Sebagian prediksi ini bisa saja terjadi atau sedang berjalan prosesnya. Tapi hanya Allah yang Maha Mengetahui di depan dan belakang kita.


No comments: