www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Sunday, August 18, 2019

Berdiam Diri tidak Menyelesaikan Masalah

Walau hanya tokoh fiksi, Sherlock Holmes adalah seorang detektif yang masyhur. Figur rekaan Sir Arthur Conan Doyle ini mampu memecahkan banyak misteri yang rumit dan pelik,  yang bahkan polisi pun tidak sanggup menguaknya.

Dalam berbagai kasus,  Sherlock Holmes mampu menanganinya dengan baik melalui segudang keahliannya seperti penalaran logis,  penyamaran,  pengamatan, hingga ahli forensik.

Tentu saja banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari profesinya sebagai detektif. Dalam kisah Empat Pemburu Harta,  Sherlock Holmes bercerita sbb "Otakku tidak puas dengan berdiam diri.Beri aku masalah, beri aku pekerjaan, beri aku sandi yang paling rumit, atau analisis yang paling berbelit-belit, dan aku akan menjadi diriku yang semula. Aku membenci rutinitas yang membosankan.Aku sangat menginginkan pengerahan mental. Itu sebabnya aku memilih profesiku ini, atau lebih tepatnya menciptakannya, karena aku satu-satunya di dunia. "

Banyak di antara kita yang tatkala terkena masalah, malah memilih merenung, berdiam diri,  pasrah,  dan tidak melakukan apa-apa. Apakah masalah itu bisa selesai begitu saja tanpa melakukan sesuatu? Apakah pekerjaan akan datang tanpa dicari?  Apakah kita akan menerima keadaan yang terbelit kemiskinan dengan alasan beginilah nasib kita?

Dalam kisah Empat Pemburu Harta, Sherlock dengan jelas mengatakan kalau ia menciptakan pekerjaannya. Dalam hal ini ia menciptakan profesi yang paling diinginkankannya. Intinya ia menjadi ahli di bidang yang dikuasainya.

Dalam kisah Lilitan Bintik-Bintik, Sherlock Holmes dihadapkan pada kasus aneh.  Seorang perempuan bernama Helen Stoner datang meminta bantuannya untuk menyelidiki kematian saudara kembarnya. Dari cerita Helen, sebelum saudara kembarnya meninggal, saudaranya sempat  mendengar suara  siulan di malam hari. Setelah itu,  Helen menemukan saudaranya telah meninggal.

Satu malam sebelum Helen mendatangi Sherlock, ia juga mendengar suara siulan aneh itu. Helen jadi ketakutan.  Ia tidak mau meninggal sama seperti saudara kembarnya. Ia akan  menikah dua minggu lagi.  Itu sebabnya ia mendatangi Sherlock dan meminta bantuan agar Sherlock memecahkan misteri kematian saudaranya, sekaligus menghindarkannya dari bahaya yang bisa jadi datang, sama seperti yang dialami saudaranya.

Bagi Sherlock ini adalah tantangan. Berdiam diri tidak akan menyelesaikan masalah. Ia harus bergerak. Mencari tahu. Mencari lebih banyak data. Dan tentu saja melakukan penyelidikan seteliti dan sedetail mungkin. Dari penyelidikan yang dilakukannya, Sherlock Holmes berhasil memecahkan misteri lilitan bintik-bintik dan penyebab kematian saudara kembar Helen.

Kita juga bisa seperti Sherlock.  Di saat orang-orang di sekitar kita berebut lahan pekerjaan- meski itu bukan bidang keahlian mereka- kita tidak perlu ikut berebut atau hanya menunggu panggilan kerja. Kita bisa menciptakan profesi yang paling kita inginkan. Kita bisa menjadi diri kita yang sebenarnya dan bergerak dalam bidang tersebut. Kita bisa menjadi "Pencipta" bidang itu.

Sumber : Monica Anggen, 99 cara berpikir ala Sherlock Holmes.

1 comment:

terserah said...

ayo menangkan uang setiap harinya di agen365*com
WA : +85587781483