www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Tuesday, August 6, 2019

Gold and Currency War : All Time High

Pasar  emas mengalami kenaikan masif Senin (5/8) kemarin, menembus rekor tertinggi dalam sejumlah mata uang dunia termasuk Poundsterling Inggris, Yen Jepang, Dollar Australia, dan Dollar Kanada. Dalam Dollar sendiri menembus angka $1.460 per troy ounce.

Faktor utama dari kenaikan harga emas kemarin adalah ekskalasi ketegangan perdagangan internasional antara AS dan Cina.  Donald Trump presiden Amerika memberlakukan tarif 10% atas produk impor dari Cina senilai $300 miliar.  Kebijakan ini memicu aksi balasan dari Cina dengan melemahkan mata uangnya sendiri Yuan hingga melebihi level 7 per Dollar AS (saat ini di angka 7,0256 per Dollar)  terendah sejak 2008. Hal ini tentu saja agar produk Cina yang sudah low price makin kompetitif di mata konsumen AS. Aksi ini memicu perang mata uang (currency war) antara AS dan Cina dan menjadi faktor utama dari kenaikan harga emas tertinggi sepanjang sejarah dalam sejumlah mata uang asing (termasuk Rupiah).

Potensi kenaikan harga emas ini masih akan terjadi dalam hitungan minggu atau bulan ke depannya selama perang mata uang ini berlangsung. Sejumlah investor valuta asing sedang bersiap memindahkan asetnya dalam bentuk emas di tengah kondisi ini,  kata sejumlah analis.

Harga emas naik 2,04% dalam sehari pada mata uang poundsterling Inggris menembus rekor tertinggi  £1.208, sedangkan di Jepang emas mencapai rekor tertinggi di angka ¥155.550, begitu juga Kanada emas mencapai $1.938, Australia harga emas naik 2,4% dalam sehari mencapai rekor $2.172. Begitu pula emas dalam mata uang lain seperti Rupee India,  Rand Afrika Selatan,  Euro,  Yuan Cina bahkan franc Swiss yang terkenal dengan nilainya yg dianggap setara dengan emas, juga mengalami kenaikan.

Rezim mata uang kertas kembali mengalami ujian akibat perang mata uang dua raksasa ekonomi dunia ini. Investor yang tidak ingin terjebak dalam perang titans ini,  memilih mengalihkan asetnya ke aset yg lebih aman seperti emas, koin emas dan berbagai aset riil lainnya.

1 comment:

terserah said...

ayo daftarkan diri anda di a*g*e*n*3*6*5 :D
WA : +85587781483