www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Sunday, October 15, 2023

Ekskalasi Perang Hamas Vs Zionis , AS Minta Bantuan China

Memanasnya kondisi geopolitik Timur Tengah pasca serangan kelompok pejuang Palestina Hamas dengan Brigade Izzuddin Al Qassam ke wilayah penjajah zionis membuat Amerika Serikat (AS) ikut turun tangan. Washington telah meminta China untuk ikut andil dalam mewujudkan stabilitas di kawasan itu.

Dalam sebuah pertemuan antara Pemimpin Mayoritas Senat AS Chuck Schumer dengan Presiden China Xi Jinping, Senin (9/10/2023), Negeri Paman Sam meminta agar Beijing mampu menggunakan pengaruhnya dengan Iran untuk mencegah meluasnya perang Hamas-penajajah Zionis.

"Beberapa dari kami mengajukan permintaan agar China menggunakan pengaruhnya terhadap Iran untuk tidak membiarkan kebakaran besar meluas," kata Schumer kepada wartawan dalam sebuah pengarahan sebagaimana dilaporkan CNBC International.

Mereka mempunyai pengaruh terhadap Iran dalam berbagai cara. Dan kami meminta mereka untuk melakukan segala yang mereka bisa agar Iran tidak menyebarkan kebakaran ini melalui diri mereka sendiri dan melalui Hizbullah."

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Mao Ning, mengatakan bahwa pihaknya merasa sedih dan prihatin serta mengutuk dengan keras tindakan yang telah merugikan warga sipil. Ia mengatakan Beijing berharap pertempuran akan berhenti dan perdamaian akan segera kembali.

"Kami ingin sekali lagi menyerukan pihak-pihak terkait untuk segera menghentikan pertempuran, melindungi warga sipil dan menghindari memburuknya situasi," tambahnya saat ditanya terkait komunikasi Beijing-Teheran.

Sebelumnya perang Ini juga ikut menyeret proksi Iran di Lebanon, Hizbullah. Kelompok itu ikut menembakan rudalnya ke posisi zionis pada Sabtu, tak lama setelah Hamas melakukannya di Selatan.


Meski begitu, Teheran menegaskan pihaknya tidak terlibat dalam serangan Hamas. Misi Iran di PBB mengatakan bahwa serangan itu merupakan inisiatif dari Hamas sendiri, yang menurut Negeri Persia telah menderita di bawah pendudukan Zionis 

"Langkah tegas yang diambil oleh Palestina merupakan pertahanan yang sepenuhnya sah terhadap pendudukan yang menindas selama tujuh dekade dan kejahatan keji yang dilakukan oleh rezim Zionis yang tidak sah," kata misi Iran di PBB dalam pernyataannya dikutip Reuters.

Pada Sabtu pagi, serangan roket diluncurkan ke wilayah zionis dari Jalur Gaza oleh kelompok pejuang Hamas. Sinyal alarm berbunyi terus menerus di banyak wilayah di seluruh negeri, termasuk wilayah Tel Aviv dan sekitarnya.

Sebagai tanggapan, Tel Aviv memulai operasi militer yang dinamakan "Pedang Besi". Beberapa media melaporkan Tentara zionis telah melancarkan serangan ke Jalur Gaza setelah tembakan roket besar-besaran dari daerah Palestina.

Sayap gerakan Palestina Hamas mengeluarkan pernyataan bahwa selama operasi mereka menangkap sekitar ratusan tentara dan pemukim zionis. Hamas mengungkapkan operasi serangan ini merupakan respons terhadap aktivitas agresif zionis terhadap salah satu situs paling suci Islam, Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem.


No comments: