www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Wednesday, October 18, 2023

Pemerintah Malaysia akan Tinjau Ulang Dinar sebagai Cadangan Devisa


Pemerintah Malaysia akan meninjau kembali penggunaan Dinar sebagai cadangan devisa negara, sebagai mana yang dilaporkan oleh Dewan Rakyat.

PM Malaysia Datuk Seri Anwar Ibrahim mengatakan kebijakan ini akan dibahas dalam konferensi Ekonomi dan Keuangan Islam Desember mendatang di Kuala Lumpur. 

Anwar Ibrahim menjelaskan "Kami Ingin memulai penggunaan Dinar walau dalam lingkup terbatas." Seperti yang kami ungkap sebelumnya penggunaan Ringgit dan Renminbi dalam perdagangan dengan Cina telah mencapai 25%.%

"Apabila kami dapat mencapai 5 hingga 6% penggunaan Dinar dengan negara-negara Islam maka ini adalah awal yang baik dalam membangun kekuatan dan mengurangi ketergantungan terhadap Dollar" kata Anwar Ibrahim dalam sesi tanya jawab Perdana Menteri.

Pernyataan ini sebagai respon dari pertanyaan anggota parlemen Ku Abdruhman Ku Ismail yang menanyakan penggunaan mata uang Dinar dan konsekuensinya terhadap negara-negara lain yang masih menggunakan Dollar.

Negara-negara Islam tidaklah asing dengan Dinar. Apalagi  dengan pertumbuhan lebih dari 1 triliun Dollar dalam industri halal, maka negara-negara lain akan well informed dengan Dinar.



Sumber: newstraitstimes.com










No comments: