www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Saturday, August 22, 2009

Koin Emas dan Perak 53 SM di Belanda

Pada 13 November 2008 sebuah penemuan penting dari 109 keping koin suku Euburones yang ditemukan di Belanda telah diumumkan melalui kantor berita AP. Koin-koin tersebut terdiri dari 39 keping koin emas dan 70 keping koin perak. Nico Roymans, arkeolog yang memimpin penelitian ini yakin bahwa koin emas itu ada hubungannya dengan suku Euburones yang menurut klaim Julius Caesar (pemimpin Romawi saat itu) telah dikalahkannya pada 53 SM setelah suku tersebut berkonspirasi dengan kelompok lain membunuh 6000 orang pasukan Roma.
Ini adalah satu bukti bahwa mata uang emas dan perak adalah mata uang yang paling lama di gunakan dalam sejarah umat manusia. Ketika mata uang emas mulai diperkenalkan oleh Julius Caesar pada 46 SM, ternyata Suku Euburones yang berasal dari Jerman telah menggunakannya setidaknya pada 53 SM. Mungkin saja suku-suku lain saat itu di Eropa juga menggunakannya secara luas.
Nah ketika negara-negara Uni Eropa dalam pertemuannya tahun 2008 lalu melalui presidennya Nicolas Sarkozy mendorong dunia agar kembali kepada sistem gold standard. Sesungguhnya mereka sedang menggagas sistem keuangan yang telah berabad-abad berlaku di sana, mulai zaman Julius Caesar dan bahkan jauh sebelumnya. Apabila keinginan mereka terkabul maka ini semacam pengulangan sejarah walau tidak terlalu mirip, karena gold standard tidak murni menggunakan emas sebagai mata uang, hanya penimbang dari mata uang lain seperti fiat money.
Kita sebagai kaum muslimin juga memiliki sejarah penggunaan uang emas (Dinar) dan perak (Dirham) yang amat lama. Sejak masa Kenabian Muhammad SAW hingga kekhlalifahan Turki Utsmani tahuh 1924, kita tidak pernah putus menggunakan Dinar dan Dirham sebagai mata uang.
Mahatir Mohammad pada krisis 1997 mengusulkan penggunaan Dinar sebagai alat tukar perdagangan sesama negara muslim menggantikan Dollar AS, namun usahanya kandas seiring mundurnya dia sebagai PM Malaysia.
Alhamdulillah penggunaan Dinar dan Dirham saat inipun mulai menyebar luas melalui berbagai wakala, yang tentu ini hanya awal dari kembalinya dunia menggunakan mata uang yang adil sepanjang masa yaitu Dinar dan Dirham.

1 comment:

laskarpelangi1 said...

Wah kalo aq menenmukan koin emas sebanyak itu bisa kaya mendadak hehehe...