www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Friday, March 6, 2020

AS : Ketika California Shut Down karena Corona

Bisa jadi luput dari perhatian, negara yang saat ini sedang ketar-ketir karena virus Corona bukan hanya Korsel,  Italia,  atau Iran,  tetapi Amerika Serikat, bahkan bisa jadi lebih panik. 

Saat ini di dunia sudah 90.000 orang yang terpapar Corona,  dengan 3.000 kematian. Di Italia dan Iran bahkan seluruh sekolah dan Universitas telah diperintahkan untuk ditutup. Namun apa yang terjadi di Amerika lebih parah lagi. Salah satu negara bagian Amerika,  California mengumumkan status darurat terkait penyebaran virus corona. 

Di sektor moneter,  sejumlah bank ternama melonggarkan kebijakan moneternya untuk memerangi efek negatif ekonomi akibat corona. Sejumlah bank sentral juga mengambil kebijakan segera (termasuk bank sentral Eropa).

Bursa Wallstreet mengalami penurunan tajam justru saat pembukaan Kamis pagi tadi, seiring pengumuman status emergency terkait corona oleh California. Wallstreet jatuh 14% di angka 36,30 .  Kekhawatiran terhadap pertumbuhan ekonomi setelah kematian akibat corona menembus angka 11 orang di Amerika. 








No comments: