www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Monday, May 3, 2010

California Gold Rush


California Gold Rush (1848-1855) dimulai pada 24 Januari 1848 ketika emas ditemukan oleh James W Marshall. Walaupun berita ini sempat dirahasiakan, namun tetap saja bocor dan menyebabkan kota yang dahulu dikenal dengan Ghost Town mendadak diserbu oleh 300.000 orang yang datang dengan jalan laut dan darat.

Mereka berasal baik dari Amerika, Amerika latin, Eropa, Australia, dan Asia. Kota itu mendadak menjadi gegap gempita. California yang dahulu kota kecil dan tak dikenal, tiba-tiba menjadi kota niaga dan membangun kota-kota baru sepanjang rute perjalanan menuju kota itu. Pengertian Gold Rush sendiri (thefreedicitionary.com) adalah migrasi orang dalam jumlah besar ke daerah tambang emas yang baru saja ditemukan.

Menurut US Geological Survey sekitar 370 ton emas ditambang selama 5 tahun pertama Gold Rush, senilai US$ 7 miliar (berdasar harga emas 2006). Dan menyebabkan efek ekonomi yang luar biasa besar.

Sekitar 162 tahun kemudian, Gold Rush dalam investasi emas terus berlanjut, namun perpindahannya bukanlah secara fisik orang hijrah ke daerah dimana tambang emas ditemukan, namun dari investasi pasar uang ke investasi emas fisik. Berdasar data Dow Gold Ratio (DGR) diatas atau perbandingan antara Dow Jones Industrial Index dan harga emas dunia dalam US$, terlihat trendnya makin menurun. Saat artikel ini ditulis angka DGR berada pada 9,42, dan besar kemungkinan akan terus menurun, puncaknya pada tahun 2009 lalu DGR pernah menyentuh 8.Apa artinya ? Artinya dengan terus menerus turunnya index saham dunia, maka orang mulai berpaling ke aset-aset fisik logam mulia seperti Dinar atau Emas atau juga investasi di perkebunan, pertanian, dan peternakan seperti kambing yang saya tulis sebelumnya. Mana saja investasi yang kita pilih asal dengan pengelolaan yang benar tentu baik bagi diri, keluarga, lingkungan dan dunia akhirat kita .

wallahu 'alam

No comments: