www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Friday, June 22, 2012

Harga Emas & Minyak Turun di tengah Kekhawatiran Krisis


 


Harga emas dunia jatuh pada titik terendah dalam 3 bulan terakhir seiring dengan kekhawatiran ekonomi global. Sementara di sisi lain nilai dollar terus menguat terhadap euro dan yen.Saat ini harga emas menyentuh $1.568/oz.

Aktivitas bisnis di zona Eropa menurun dalam 5 bulan terakhir di bulan Juni ini, dan industri Cina juga mengalami pelambatan, sebagaimana industri AS pun mengalami penurunan permintaan pasar luar negeri, berdasarkan data survey selasa lalu (19/06)

Data menunjukkan aktivitas ekonomi dunia mengalami pelambatan pertumbuhan ekonomi di AS dan Asia, yang akan mempengaruhi ekonomi dunia. “Berawal dari Eropa dan mulai mengalir ke seluruh penjuru saat ini,” kata Stephen Masocca managing director di Wedbush Morgan di San Francisco. 

Bank Sentral AS mengambil keputusan untuk mempertimbangkan beberapa opsi stimulus ekonomi apabila situasi memburuk. Mereka merevisi rencana pertumbuhan ekonomi dan tenaga kerja pada 2012 dan 2013.

Di Eropa, data pendahuluan sektor jasa dan industri di antara 17 negara Uni Eropa menunjukkan penurunan yang kuat seiring penurunan permintaan pasar dan meningkatnya pengangguran yang memukul kepercayaan pasar.

Data survey menunjukkan sektor swasta Jerman mengalami pelambatan pada bulan Juni, sedangkan pertumbuhan industri rendah dalam 3 tahun terakhir.

Survey yang sama di sektor swasta, yang disusun oleh HSBC, menemukan sektor industri melambat dalam 8 bulan terakhir pada bulan Juni, seiring melemahnya permintaan ekspor. 

Pertumbuhan ekonomi di Cina, negara berpenduduk terbesar di dunia ini diperkirakan melambat pada 6 kwartal terakhir pada bulan April dan Juni karena efek krisis utang dan properti di zona Erop.
   
Di pasar minyak, harga minyak ( brent crude oil) jatuh $2,85 dari harga Rabu menjadi $89,84 hari ini, dan merupakan yang terendah sejak Desember 2010.
Sedangkan Dollar index (perbandingan nilai dollar AS terhadap sekelompok mata uang kuat di dunia) mengalami kenaikan 0,7%. 





2 comments:

uii profile said...

Terimakasih Infonya
artikel yang bagus,
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
:)
twitter : @profiluii :)

Ibnu Siena said...

ya salam kenal mas...