www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Saturday, June 30, 2012

Turning Point of Gold

Di negara manapun di dunia, bank sentral hanya memiliki dua cadangan, pertama dalam bentuk uang kertas. kedua, dalam bentuk emas. Ada juga memang negara yang nol cadangan emasnya, karena tergerus untuk membayar utang atau membiayai ekonomi mereka.

Sekarang pertanyaannya kenapa bank sentral merasa perlu untuk menyimpan cadangan dalam bentuk emas? Padahal mereka sendiri tidak menerapkan sistem moneter berbasis emas. Karena emas akan digunakan setelah sistem moneter mereka yang berbasis fiat currency (mata uang kertas) kolaps. Sistem ini akan kolaps ketika bank melakukan ekspansi kredit yang berlebihan, melebihi cadangan dana mereka atau melebihi kemampuan mereka membayarnya kembali kepada para deposan.
Namun apabila kelebihan kredit ini dapat mereka tekan atau hilangkan, mereka akan kemabali melakukan operasi ini, dengan sistem Fractional Reserve Banking.

Ketika bank sentral di dunia juga memiliki cadangan dalam bentuk emas, secara tidak langsung  merupakan pengakuan bahwa sistem moneter yang adil  adalah berbasis emas.

Kebutuhan bank sentral akan emas juga semakin penting, ketika ekonomi dunia saat ini sedang dibayangi oleh kebangkitan inflasi masal akibat kebijakan pencetakan  uang dari awang-awang oleh pemerintah (dengan berbagai istilah seperti Bail Out, QE, dll ) untuk menutupi krisis ekonomi dan utang baik di AS maupun Eropa.

Indikasi hal ini terlihat dari trend bank sentral seluruh dunia saat ini sebagai net buyers dari emas. Dengan kata lain, bank sentral saat ini membeli emas lebih banyak dibanding menjualnya. Ini juga sebagai sinyal melemahnya intervensi bank sentral untuk menekan harga emas melalui sudden sell- offs cadangan emas mereka. Dengan harga emas saat artikel ini ditulis senilai $1.598/oz, hal ini dapat menjadi turning point harga emas akan kembali naik lebih tinggi di masa depan. 

wallahu 'alam

1 comment:

Mohammad Abduh said...

Thx infonya mas ibnu..........
http://serviceumrohmurah.blogspot.com/