www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Tuesday, June 19, 2012

Kabar dari Kazakhstan


Bank Sentral Kazakhstan berencana meningkatkan komposisi emas pada cadangan emasnya menjadi 20% dari 14-15%, kata deputi  Bisengali Tadzhiyakov pada hari Rabu.

"Kita akan membeli 20 ton emas dari Kazzinc corporation tahun 2012 ini dan selanjutnya 4,5 ton dari Kazakhmys," dia mengatakan pada wartawan pada hari Rabu. "Total volumenya adalah 24.5 tonnes."
Bank Sentral juga mengumumkan pekan lalu bahwa mereka akan mengurangi cadangan devisa dalam bentuk Euro menjadi 25% dari sebelumnya sebesar 30%. 

Kazakhstan bekas wilayah Soviet ini adalah salah satu negara, termasuk Rusia, Meksiko, Kolumbia, dan Korsel, yang meningkatkan cadangan emas mereka pada tahun-tahun belakangan ini. 
Sebagian besar pembeli berasal dari Asia dan negara-negara yang memiliki kekuatan ekonomi baru, yang cirinya adalah memiliki proporsi cadangan emas yang rendah dalam cadangan devisa mereka dibanding negara-negara maju.

Pembelian resmi emas naik ke angka tertinggi tahun sejak pertengahan tahun 1960,  konsultan logam mulia GFMS (Gold Field Mineral Services) mengatakan, sebagian besar negara-negara berkembang melakukan diversifikasi dalam cadangan devisa mereka sebagai respon dari krisis utang obligasi pemerintah dalam mata uang asing.

Hanya satu perusahaan tambang logam mulia, Glencore-yang dimiliki Kazzinc di bagian timur negara itu, emas batangan mereka mendapat sertifikasi internasional. Tambang tembaga juga memproduksi emas murni di pabrik lainnya untuk memenuhi pasar dalam negeri.

Bank Sentral saat ini membeli seluruh emas yang diproduksi di Kazakhstan. Total cadangan devisa (netto) mereka baik dalam emas dan mata uang asing mencapai $33,8 Miliar pada akhir Mei 2012, 17% lebih tinggi dibanging akhir tahun lalu.

"Awalnya kami memiliki 7 % dan 9% (emas) dalam struktur cadangan devisa. Hari ini sudah mencapai 14 atau hampir 15%” " kata Tadzhiyakov.

"Sejalan dengan konsep, kami berencana menaikkan (propporsi emas) hingga 20%,” katanya, tanpa menyebut batasan waktu kapan kenaikan tersebut.

Tadzhiyakov mengatakan Bank Sentral telah membeli 5,3 ton emas sejak 2012.
Total cadangan logam emas murni Kazakhstan adalah 16,6 ton pada 2011, berdasarkan data yang dipublikasikan oleh Badan Statistik negara.

Gubernur Bank Sentral Kazahstan Grigory Marchenko mengatakan kepada reporter pekan lalu bahwa mereka memiliki lebih dari 100 ton emas dalam cadangan devisanya.

No comments: