www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Saturday, April 4, 2020

Persepsi orang Jerman terhadap Emas

Ada dua istilah dalam keuangan yaitu monetary gold dan non-monetary gold. Monetary gold adalah emas yang disimpan atau dimiliki oleh bank sentral suatu negara sedangkan non-monetary gold adalah emas yang dimiliki oleh pribadi atau swasta. 

World Gold Council (WGC) mengklaim bahwa total cadangan emas dunia (yang sudah ditambang, diperjualbelikan,  atau disimpan) berjumlah 198.000 ton. Bank sentral di dunia memegang sekitar 35.000 ton. Cina diperkirakan menyimpan 20.000 ton, tulisan ini akan fokus pada  profil cadangan emas Jerman, sedangkan data   Perancis, dan Italia hanya sebagai pembanding.

Dalam sebuah penelitian  (Goldbesitz der Privatpersonen in Deutschland) yang dilakukan oleh Research Center for Financial Services atau C-Fin di Jerman pada 2010. Penelitian ini menekankan pada motif orang memiliki emas dan seberapa banyak emas yang mereka punya.




Goldschmuckbesitz” berarti  “kepemilikan emas perhiasan,” “physische goldanlagen” berarti  “investasi emas secara fisik,” “anlage in wertpapieren” berarti  “investasi surat berharga ,” “gesamter goldbesitz pivater haushalte” berarti  “total emas yang dimiliki individu atau rumah tangga,” serta “zentralbank goldbestand” artinya “persediaan emas di bank sentral .” 

Pasca 2010 the Reseach Center for Financial Services atau C-Fin melanjutkan penelitiannya untuk mengukur seberapa besar emas yang dimiliki warga Jerman. Tahun lalu hasil penelitian ini di rilis oleh ReiseBank.

Di awal 2019 penduduk Jerman diprediksi mempunyai emas sejumlah 8.918 ton emas dalam bentuk lantakan, koin,  dan perhiasan, sementara  pada 2010 jumlahnya sekitar 7.558 ton. Dengan kata lain ada peningkatan 1.360 ton dalam 9 tahun. 

“Deutsche privatehaushalte” berarti “rumah tangga penduduk Jerman .” The “Bundesbank” adalah bank sentral Jerman. Kubus artinya , “Jerman memiliki 6,5% cadangan emas dunia” gabungan dari emaa privat dan bank sentral .


Estimasi kepemilikan emas oleh swasta di Jerman berdasarkan data C-Fin dan tambahan data dari World Gold Council tahun 2019, maka perkiraan jumlah emas yang dimiliki oleh swasta adalah 8.992 ton pada tahun 2020, atau naik 19% sejak 
Berdasarkan gambar di atas,  warga Jerman amat berjaga-jaga terhadap inflasi, dimana mereka menyimpan emas sebagai jaring pengaman saat krisis. Dalam survey tahun 2011, lebih dari 80% responden mengatakan bahwa " membeli emas sebagai proteksi nilai melawan inflasi” .

Sedangkan estimasi kepemilikan emas privat di Perancis sekitar 4.605 ton atau turun 2% sejak 2010.

Sedangkan estimasi kepemilikan emas privat di Italia  sekitar 5.707 ton atau turun 11% sejak 2010

Dalam gambar berikut adalah "proporsi konsumen membeli emas dengan tujuan investasi", hasilnya adalah Jerman (23%), Perancis (3,3%), dan Italia (6,7%). Orang Jerman melihat emas sebagai kepemilikan yang aman. Sedangkan bagi orang Perancis dan Italia, memandang emas lebih sebagai perhiasan.   

Pada tahun 2011 lebih dari setengah warga Jerman menghendaki reformasi moneter karena mereka berpendapat "emas dapat membantu dalam menghadapi tantangan reformasi moneter dengan lebih baik", ini berdasarkan survey C-Fin. Terkait dengan krisis Corona ketegangan di Uni Eropa kembali muncul. Italia (bahkan sebelum wabah Corona)  menderita akibat rasio utang publik terhadap GDP (penghasilan bruto suatu negara)  mencapai 135% (utangnya jauh di atas pendapatan warga atau negaranya), dan Italia juga bergantung pada "pandemic emergency purchase programme. Sedangkan rasio utang publik terhadap GDP Jerman adalah 62%. Gambaran statistik ini menunjukkan kebijakan ekonomi Jerman lebih tepat dan memiliki kewaspadaan dalam menghadapi krisis moneter.

sumber : Jan Nieuwenhuijs dalam voimagold.com



No comments: