www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Friday, April 17, 2020

Rehat 01


Disebutkan oleh Az Zuhri  bahwa Hisyam bin Abdul Malik bertanya kepadanya,  "Siapakah ulama Makkah? "
Aku menjawab, "Atha".

Dia bertanya, "Siapakah ulama penduduk Yaman?"
Aku menjawab, "Thawus".

Dia bertanya ,"Penduduk Syam".
Aku menjawab, "Makhul".

Dia bertanya , "Penduduk Mesir? "
Aku menjawab, "Yazid bin Abi Habib".

Dia bertanya,  "Penduduk Jazirah"?
Aku menjawab, "Maimun bin Mahrawan".

Dia bertanya, "Penduduk Khurasan?"
Aku menjawab, "Adh-Dhahak bin Mazahim".

Dia bertanya, "Penduduk Bashrah? "
Aku menjawab, "Al-Hasan bin Abi Al-Hasan".

Dia bertanya,  "Penduduk Kufah? "
Aku menjawab," Ibrahim An-Nakhai".

Lalu disebutkan bahwa dia (Hisyam bin Abdul Malik) bertanya tentang asal atau daerah ulama-ulama tersebut, "Apakah mereka itu dari kalangan Arab atau mawali (daerah yang ditaklukan oleh Islam)? " lalu dia (Az-Zuhri) menjawab, "Mereka semua berasal dari mawali. "

Kemudian Hisyam berkata,  " wahai Zuhri, demi Allah! Orang-orang mawali telah menjadi tuan orang-orang Arab sehingga mereka berkhutbah di atas mimbar, sedang orang-orang Arab berada di bawahnya. "

Lalu Az-Zuhri menjawab, " Ya Amirul Mukminin, itu merupakan urusan Allah dan agamaNya. Barangsiapa yang menjaganya, dialah yang menjadi pemimpinnya, siapa yang menyia-nyiakannya, dia tersungkur." 

Keterangan :
Az-Zuhri (58-124 H) seorang ahli fiqih & hadits, salah seorang paling berilmu di Madinah.

Hisyam bin Abdul Malik 71-125 H), salah seorang Khalifah Bani Umayyah, dibaiat menjadi khalifah setelah saudaranya Yazid wafat (tahun 105 H). Hisyam seorang yang hebat dalam berpolitik,  disiplin dalam pemerintahannya, dan terjun langsung ke masyarakat.

Sumber : Prof. Dr. Raghib As Sirjani dalam buku Sumbangan Peradaban Islam pada Dunia.

No comments: