www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Thursday, April 30, 2020

Rupiah Menguat Karena Optimisme Pasar

Mengutip data Ipotnews, pada  pukul 16.05 WIB, kurs rupiah ditutup pada level Rp15.260 per dolar AS. Posisi ini menguat 120 poin dibandingkan penutupan perdagangan terakhir.

Kurs rupiah juga menguat terhadap sejumlah mata uang utama dunia seperti  Euro, pada level Rp16.850. Terhadap Poundsterling pada level Rp18.983, sedangkan Yen pada level Rp143,27

Sebagaimana diketahui, Gubernur BI Perry Warjiyo menuturkan ekonomi Indonesia akan kembali membaik pada kuartal III 2020. Pemulihan ekonomi nasional ini akan mulai terjadi pada pertengahan Juni mendatang.

Dari asesmen BI, sektor yang akan terdampak adalah manufaktur dan pariwisata. Sebelumnya, BI menganalisa bahwa wabah virus Corona (Covid-19) memukul tiga sektor penting yang dimiliki Indonesia, yaitu pariwisata, perdagangan, dan investasi.

Perry memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya akan mencapai 2,3 persen. Menurutnya, tertekannya pertumbuhan juga merupakan dampak dari penerapan PSBB di beberapa wilayah di Tanah Air dan dampak dari pertumbuhan global yang juga memburuk.

Sementara dari luar negeri, indeks dolar AS sendiri mengalami pelemahan yang berakibat kurs rupiah menjadi menguat. Selain karena sejumlah negara bagian di AS mulai melonggarkan lockdown, pelaku pasar menanti kebijakan terbaru bank sentral AS, The Federal Reserve.

Penguatan Rupiah ini juga berdampak terhadap turunnya harga Dinar sebesar 4,13% dibanding pekan kemarin. 

Sumber : indopremier.com

No comments: