www.gata.com

Grafik Pergerakan Harga Dinar dalam Rupiah & Dollar AS


 

Tuesday, April 21, 2020

Rekor Harga Minyak Dunia di Bawah Nol

Harga minyak dunia menderita penurunan tajam lebih dari 100% Senin petang.
Dimana biaya untuk memperoleh 1 barel minyak mentah (crude oil) adalah negatif $37.63 untuk pengiriman bulan Mei mendatang. Dalam sejarah baru pertama kali harga minyak dunia berada di bawah nol. 

Fenomena ini menyeret  bursa saham Wall Steet ikut mengalami penurunan index 3,7%, terutama saham perusahaan energi.

Kenapa hal ini bisa terjadi?  Apa ada hubungan dengan situasi pandemi? Ya wabah Corona menjadi salah satu penyebab harga minyak menjadi aneh bin ajaib. 

Sejak wabah mulai menyebar,  sektor transportasi adalah salah satu yang terkena imbas paling parah. Berbagai penerbangan dan moda transportasi lain turun drastis. Akibatnya permintaan minyak dunia sebagai sumber energi  ikut lesu. Sehigga  fasilitas tanki penyimpanan minyak para traders (pedagang minyak) mengalami kelebihan kapasitas, karena sirkulasinya tersendat.

Kondisi ini menyebabkan para traders bersedia membayar siapa saja yang mau mengambil minyak untuk pengiriman bulan Mei,  karena mereka (traders)  sendiri bingung dimana mesti menyimpan.  Sebagai contoh tanki-tanki penghubung pasar minyak dunia di Oklahoma  Amerika akan kelebihan kapasitas dalam 3 minggu ini, menurut Chris Midgley head of analytics di S&P Global Platts. 

Namun harga minus ini hanya untuk pengiriman minyak bulan Mei, sedangkan pengiriman bulan berikutnya (Juni)  harga minyak kembali "normal" di angka $20,43. 

Halliburton, perusahaan teknik pertambangan minyak ternama, menyatakan bahwa Pandemi telah menimbulkan kekacauan industri minyak,  yang tidak jelas kapan berakhir.

Sumber : usatoday.com

No comments: